Sambut Hari Pers Nasional 2020, “Kompas” dan Universitas Lambung Mangkurat Gelar Pelatihan Jurnalistik

Dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional 2020, Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu  Sosial dan Ilmu  Politik  Universitas Lambung  Mangkurat (FISIP ULM) bekerja sama dengan Harian Kompas menggelar workshop jurnalistik di Lecture Theatre FISIP ULM,  Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (7/2/2020). Acara ini dihadiri Wakil Dekan I FISIP ULM Ghazali Rahman SSos MSi dan Ketua Program Studi  Ilmu  Komunikasi Dr Siswanto Rawali SSos MSi.

Sejak pagi hari, peserta antusias berdatangan ke lokasi untuk menimba ilmu jurnalistik. Pelatihan dimulai dengan materi pengenalan Harian Kompas yang disampaikan oleh  Brand  Communication Manager Harian  Kompas Tarrence Palar. Lalu dilanjutkan oleh Kompas Product Sales Manager Juanda Eka Setiawan terkait dengan peluang kerja sama yang bisa dilakukan pihak universitas.

Pada   puncak   workshop, Mohamad   Final Daeng, yang merupakan wartawan Harian Kompas membawakan materi dengan topik “Apa Enaknya Menulis”. Mohamad Final Daeng, yang akrab disapa Mas Eng menyampaikan materi secara komunikatif dengan melemparkan beberapa pertanyaan kepada peserta. Para peserta terlihat antusias ketika sesi tanya jawab. Tidak hanya dari kalangan mahasiswa, tetapi juga kalangan dosen melemparkan pertanyaan kepada pemateri. Mas Eng sering kali menyisipkan beberapa pepatah serta kutipan  yang bertujuan untuk memotivasi peserta untuk mulai menulis.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP ULM Dr Siswanto Rawali SSos MSi menyampaikan beberapa harapan dan rasa terima kasih kepada pihak Harian Kompas sebagai salah satu media nasional bergengsi karena sudah mau bekerja sama dalam menyelenggarakan kegiatan workshop jurnalistik  ini.

“Harapannya, melalui workshop jurnalistik  ini, para peserta bisa memperoleh tambahan bekal dan pengetahuan tentang  dunia  jurnalistik. Apalagi narasumber yang dihadirkan adalah manajemen dan jurnalis senior. Bagi kami, kegiatan yang sudah terlaksana ini adalah suatu kebanggaan sekaligus sebagai sebuah indikator bahwa prodi  ilmu komunikasi sudah dipercaya dan diperhitungkan di wilayah Kalimantan Selatan,” kata Siswanto.

“Untuk ke depannya, program-program  kerja sama dengan pihak eksternal seperti ini akan terus digalakkan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kompetensi serta khasanah berpikir mahasiswa ilmu komunikasi,” lanjutnya.

Sementara itu, para peserta juga merasa senang mendapat  tambahan  ilmu  jurnalistik. Apalagi, bisa mendengarkan pengalaman wartawan secara langsung. “Kegiatan ini sangat mengedukasi kami, yang saat ini pandangan bahwa menulis itu adalah hal yang sulit untuk dilakukan karena perlu skill khusus, tapi ternyata pemateri memberikan tips and trick untuk bisa menulis dengan mudah,” ucap salah satu peserta acara, Muhammad Iqbal.

Dalam rangkaian acara ini, Kompas juga memberikan access premium dari Kompas.id selama satu bulan kepada seluruh peserta dan beberapa doorprize  kepada peserta yang aktif berpartisipasi selama jalannya kegiatan. Pada akhir acara, panitia juga memberikan kejutan berupa skenario ucapan Selamat Hari  Pers Nasional 2020. Ucapan  ini diselipkan  ke dalam goodie bag yang telah dibagikan kepada peserta saat registrasi. Workshop ini ditutup dengan  sesi  foto   bersama.  [Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM/Muhammad  Rafi’ Fauzi, Ria Nita Anggreani, dan Widya Wardhanie]

Blog Attachment

Leave us a Comment